Reseller Sharing Story Skip to main content

Reseller Sharing Story

Hai Shabby Lover,
Bulan kemarin kita mengadakan Sayembara karya tulis untuk Reseller Leatique Tentang Online Shop Business.
Nah sudah ada pemenangnya adalah : Rizka Wulandari & Santi Irmawan

Berikut adalah Kisah mereka dalam dunia Online Shop Businesss

Hi... salam kenal, saya Rizka reseller leatique. Ga kerasa, udah setaun jadi reseller leatique.
Mau cerita dikit pengalaman saya di dunia online. 
Kenapa sampai bisa punya online shop, dan terdaftar jadi reseller leatique. 
Awalnya tertarik internet marketing, yang katanya bisa dapet ribuan dollar dalam waktu
yang relatif singkat. Banyak sekali bisnis yang ditawarkan di internet. Saat itu saya memilih program
afiliasi, tergiur dengan komisi yang besar 70%. Mulai cari referensi, dari yang gratisan sampai berbayar.
Ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Mulai praktek pasang iklan di situs advertising, hasilnya budget iklan berkurang terus, penjualan 0 ga ada sama sekali. Cari-cari bisnis yang lain, yang bisa menghasilkan. Waktu itu sering nongkrong di forum kaskus.Setiap ada bisnis online yang mengasilkan, langsung tertarik. Ikutan survey, paid to click, ngetik captcha banyaklah yang lainnya.
Mungkin klo cerita semua, nti kepanjangan. Bosen bacanya hehe... Oh iya, pernah juga jualan di ebay. Terima uangnya pake payment
processor, paypal. Karena transaksi besar, dicuriga oleh pihak paypal.

SKIP....SKIP...SKIP...

Lagi staking di instagram, akhirnya ketemu sama leatique. Wah... lagi cari reseller nich, asyiknya lagi bisa dropship. Langsung dech daftar. Cari nama yang bagus trus buka rekening BCA. Harus punya bbm, hp yang dipake waktu itu specnya ga memadai untuk instal bbm. Eh, lumayan ada hp nganggur di rumah. langsung aja instal. Lagi booming banget jualan di sosmed, salah satunya instagram.
Simple caranya, cuma upload foto trus koneksi internet. Semua foto produk yang di share di grup reseller bbm, langsung di upload. 
Duh, ko belum ada yang order. Harus sabar ya, klo jualan. Akhirnya pecah telor juga, ada yg oder alas foto custom size. Selang beberapa hari ada yang invite bbm, asyik ada orderan lagi. Lumayan banyak ordernya, ditambah bonus dari leatique. Waktu itu, lagi ada program reseller yang mencapai target pejualan dapet komisi 5%. Mulai serius jualan, cari buku yang bisa meningkatkan omset penjualan.
Yang saya beli bukunya Kang Dewa. Setelah saya coba terapkan, metode yang dipake kurang cocok dengan yang saya jual. Efek dari pake jasa kontak bbm, banyak yang broadcast. Mulai dari kosmetik, baju, sepatu sampai produk mlm. Ada juga yang broadcast motivasi dan buku-buku bisnis. Jadi tertarik, akhirnya saya beli. Judul bukunya Jago jualan di instagram, wah cocok nich. Begitu buku dateng, langsung dibaca. Soalnya lumayan lama nunggu buku ini, sistem PO hampir sebulan. Saya mau share sedikit, trik yang ada dibuku lumayan ampuh setelah dicoba. Mulai dari foto, foto harus jelas tidak blur pencahayaan bagus. Karena instagram adalah sosmed sharing foto, tentunya foto harus berkualitas agar orang yang melihat tertarik. Hastag yang relevan dengan produk yang kita jual. Rutin upload produk pada jam2 tertentu, sehari 3 kali. Buat apa, klo rutin upload ga ada followernya hehe. Banyak cara menambah follower, dari yang gratis sampai berbayar. Bisa pake jasa iklan,
upload foto, hastag. Pasang iklan di akun publik yang followernya banyak, istilahnya paid promote. Saya pernah coba satu kali menggunakan paid promote, follower nambah sedikit no sales. Coba yang gratisan, follow orang-orang yang punya minat sama dari online shop lain. Klo orangnya udah
follback, unfollow pelan-pelan. Tapi cuma berapa persen aja yang follback. Lumayanlah buat nambah-nambah follower. Cara ini terbukti lho mendatangkan orderan hehe. Ada lagi cara gratisan yang booming di kalangan online shop, yang jualan di instagram. Istilahnya SFS, saling promo antar online shop. Yang paling penting focap harus bagus, klo lagi SFS. Jangan ada unsur pemaksaan di captionnya, buatlah oang yang melihat penasaran hehe. Sampai sekarang cara itu masih saya gunakan. Mencoba marketing yang lebih luas lagi, pake SEO, youtube marketing, facebook ads sampai punya toolsnya hehehe. Tapi belum terealisasi. Terkadang ada rasa malas, keluar dari zona nyaman. Mungkin cukup sharing dari saya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Terus bermimpi, 
terus berjuang karena itulah sejatinya hidup. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jatuh, bangun lagi, terus berulang sampai jatah gagalmu habis dan  siap kesuksesan sudah di depan mata. Terimakasih untuk owner, admin leatique dan semua karyawan leatique. Terutama buat admin, yang sering direpotin dimintain foto hehe.
Ada plus minusnya jadi reseller dropship. Plusnya tinggal kasih orderan, packing segala macem udh beres. Minusnya ga bisa liat barang realnya, apalagi klo yang order custom. Belajar sabar juga jadi reseller dropship, menghadapi berbagai macam custumer.Trus sabar nunggu balesan dari admin, yang pasti sibuk banget ngurusin reseller yang lagi order juga. Hal yang paling ditunggu-tunggu adalah kabar dari customer, ada kepuasan tersendiri. Apalagi klo mereka suka, puas sama hasilnya trus kasih foto produk yang sudah dipajang hehe. Sekali lagi terimakasih leatique, semoga sehat terus
Selalu dalam lindungan Allah SWT, bisnisnya semakin berkembang, mengeluarkan produk baru yang menggoda para customer untuk segera order hehehe

Sukses Selalu,
Rizka 
Kisah Selanjutnya adalah Dari Reseller Leatique Santi Irmawan
ONLINE SHOP ? SIAPA TAKUT !
Hai, nama saya Santi. Saat ini saya bergabung sebagai reseller di LEATIQUE DECO. Tapi sekarang saya mau cerita tentang suka duka jualan online shop menurut pengalaman saya sendiri boleh ya ? hehehe.. Here we go, Dulu, saat ide untuk berbisnis online shop muncul gitu aja dalam fikiran saya, banyak pertanyaan – pertanyaan dalam hati kaya gini :
“ Bisa nggak ya saya bisnis Online Shop ? “ “ Terus saya nanti mau jualan apa ya ? “ “ Harus gimana ya langkahnya ngejalanin Online Shop itu ? “ “ Harus punya modal berapa ya ? “ Dan segudang pertanyaan lainnya yang bikin takut dan bingung. Kata orang jualan itu gak gampang. Pasti ada untung dan ruginya. Sekarang kita gak akan pernah tau untung atau rugi nya kalau gak dicoba kan. Saya jadi reseller di LEATIQUE DECO masih terbilang baru, mungkin 6 bulan. Tapi banyak banget pengalaman seru yang saya dapetin. Perasaan senang saat ada yang tanya – tanya harga & ongkir ( padahal belum tentu beli ), kepuasan tersendiri saat ada yang ngasih testimony baik, senyum sendiri saat ada pembeli yang malah jadi curhat, sedih saat pembeli ada yang marah, suka waaawww gitu sama pembeli yang malah pamer isi rumahnya hahaha..Pertama kali saya upload koleksi leatique hanya melalui instagram. Tetapi karena persaingan bisnis Online Shop sekarang semakin ketat, dan teknologi juga semakin canggih, saya mulai upload juga di media social lain seperti Pinterest, Page Facebook, Carousell, BBM dan Path cuma saya gunakan untuk promosi diskon aja soalnya takut ngeganggu orang lain kalau harus upload terlalu banyak. Line dan WA saya gunakan untuk transaksi atau tanya jawab dengan calon pembeli.
Kalau di ringkas, mungkin beberapa hal ini nih yang biasanya saya lakuin atau cara saya berjualan online shop di Instagram : 1. Saya nahan diri buat gak nge-spam “ Cek IG Kita Yaah Sis… “ karena kesannya mungkin norak atau ganggu gitu. Bukannya dibeli tapi akan di block deh kayaknya ( menurut saya ya, maaf kalau ada yang tersinggung ). 2. Penggunaan hashtag ( # ) sesuai dengan item dan kategori yang di upload akan sangat membantu dan menarik likers yang banyak meskipun followersnya sedikit. 3. Dibanding paid promote saya follow orang – orang yang potensial sendiri agar tepat sasaran. Biasanya saya nyari dari onlineshop serupa yang mengacuhkan pembelinya. Lalu saya follow orang tersebut, tanpa saya yang nawarin produk duluan mereka yang suka nanya duluan tentang produk kita ko hihi… mereka suka kan kalau dilayani. 4. Ramah juga sangat penting. Banyak yang Hit and Run, tapi untuk saya sih berarti ada alasannya. Biasanya saya suka bilang “ jangan sungkan “ ngajak mereka balik lagi takutnya kan mereka nya malu udah banyak tanya tapi gak jadi beli. Jadi saat mereka datang tanya-tanya lagi tetep saya layani dengan sepenuh hati hehe. 5. Saya suka memuji customer, cantik, baik atau apa pun itu. Bukannya carmuk alias cari muka, jadi jika ada keterlambatan pengiriman dia tidak akan terlalu marah hihi.. agak pereussss sih memang. 6. Saya banyak hunting followers :p, kalau mereka nggak memfollback mungkin karena ada beberapa kemungkinan. Biasanya saya like tiap photo yang mereka upload untuk menarik perhatiannya. Trust me! It’s work, kebanyakan dari mereka akhirnya memfollow balik dan transaksi deh hehehe. 7. Kalau mau slow respond, saya suka bilang dulu ke customernya. Jangan sampai ilang lama di tengah – tengah obrolan.Setiap orang pasti akan berbeda dan punya cara masing – masing ya..Enaknya usaha online shop ini waktunya sangat fleksibel. Bisa dilakukan kapan saja. Bagi ibu rumah tangga, bisa menjalankannya sambil mengurus anak di rumah. Dan bagi mahasiswi tingkat akhir kaya saya, bisa ngelupain dulu skripsi lah bentar >,< Pendapatan yang saya dapatkan dari bisnis olshop ini memang belum terlalu besar, tapi kalau tiba – tiba lagi pengen makan steak di restaurant yang ada di Jalan Riau Bandung terus nraktir do’i juga cukup banget kok :D Tapi mending di tabung aja ah. Soalnya saya sering nombok huhu… Jadi gak cuma enaknya aja, kaya yang tadi saya sebutin di atas. Ada untung ada rugi. Perjalanan olshop saya yang baru sebentar ini banyak mengalami kendala – kendala. Saya pernah nalangin dulu orderan pembeli, ehhh sampai barang itu dikirim orang nya lenyaaaapppp. Saya sering lupa nambahin ongkos kirim dan gak berani nagih. Saya sering salah ngetotalin jumlah yang harus dibayar. Omaygotttt.. ntah baik ntah emang bego.. KESAAAL ! Tapi itu dulu sih, pas masa – masa nya deg – degan ada pembeli pertama, belum apa – apa udah heboh duluan, jadinya gak fokus. Makanya, ilmu buat jualan nya juga harus punya ya biar gak ngalamin kaya saya. Browsing aja di mbah google banyak hehe.Setiap pekerjaan pasti ada resikonya, ada positif negatifnya, ada baik buruknya, ada untung ruginya. Kenapa terus mikirin keburukannya, sedangkan kebaikannya pun banyak. Bukan masalah siapa yang sekolah atau tidak, yang pinter atau tidak, yang kaya atau tidak, tapi tanpa di sadari setiap orang yang berbisnis online shop, selain keuntungan uang, ilmu yang yang didapat juga sangat banyak. Misalnya saya, melalui online shop saya belajar marketing, service excellent, melatih kesabaran dan berhubungan dengan orang-orang yang berbeda karakter. Jadi semangat ya teman – teman, fightiiiingggg :*
Special thanks to LEATIQUE DECO Mbak Tania & Mba Shinta Good Luck

Comments

Popular posts from this blog

Penerangan Lampu Duduk

Lampu duduk atau biasa disebut juga dengan Standing Lamp, lampu sudut dan semacamnya seringkali di identikan dengan keromatisan suasan rumah, didukung dengan redupnya lampu seakan keadaan ruangan tersebut lebih hangat. lampu sudut berfungsi sebagai secondary lighting dari lampu utamanya dan banyak juga yang memakai lampu ini sebagai pajangan untuk pelengkap dekorasi di kamar tidurnya. Lampu duduk unik ini juga dapat menjadi penerangan premier apabila menggunakan watt yang besar dan penempatannya terdapat 2 standing lamp / lampu duduk di antara tempat tidur. Di Leatique Kalian bakal dapetin lampu unik ini dengan bermacam model yang tersedia dengan berkonsep shabby chic dengan harga yang ekonomis dan jarang ditemukan di Indonesia. katalog lampu duduk ini dapat kalian lihat dengan klik gambar dibawah ini Nah tunggu apa lagi, Buatlah Pasangan kita lebih betah di rumah dengan Nuansa rumah yang romantis dengan lampu duduk yang ada

Leatique Online Shop Lampu Terbesar

Hi Buibuuuu.... Terima Kasih atas Semua Dukungannya dengan Menfollow Instagram Kami Leatique_deco . Leatique Merupakan Toko Lampu Online yang Khusus Menjual Lampu Di Indonesia dengan Berjumlah 42rb Real Follower Aktif di tgl 11 April 2019. Leatique Juga Telah Berdiri dan Berjualan Online Semenjak Tahun 2013 hingga saat ini baik itu di Instagram, Facebook, Tokopedia dan juga Website. Kami akan selalu memberikan yang terbaik dalam memilih supplier lampu import. Semua Lampu di Leatique adalah Import yang sebagian besar Berasal dari Negara China dan Turki yang langsung dari beberapa pabrik sehingga harga jual yg masih cukup ekonomis dibandingkan dengan harga lampu apabila sudah masuk ke Toko Lampu di Indonesia. Katalog lampu chandelier yang ada di leatique sebagian besar sudah kami sortir dengan model yang terkini lengkap dengan beberapa style seperti Shabby Chic, Minimalis, Industrial, Scandinavia dan lain lain Semua Lampu di Leatique adalah Pre Order Kurang lebih 4-7 m

Apa itu Lampu Shabby Chic

Pasti banyak yang bertanya apa itu lampu shabby chic dan apa itu lampu Gantung atau apa itu Lampu chandelier dengan berkonsep shabby chic, dan sebetulnya klo kita melihat dari arti shabby chic itu sendiri adalah lusuh, tapi bukan berarti bener2 lusuh ya :) nah, sebenernya klo kalian lihat di luar negeri itu, barang barang shabby identik dengan warna yang pudar atau saya meyebutnya dengan rustic.  jadi Rustic itu adalah finishing suatu barang yang memudarkan sebuah warna cat tsb dengan beberapa cara sehingga terlihat vintage. Lain lagi klo misalkan di Indonesia, Shabby chic itu lebih ke warna pastel. padahal itu adalah pemahaman yang sangat berbeda sekali dengan awal adanya shabby chic yang diperkenalkan oleh ibunya Shabby chic yaitu rachel ashwell. Oleh karena itu saya mencoba untuk memandangnya dengan pikiran terbuka. ketika saya lihat bahwa di indonesia mengapa shabby chic itu identik dengan warna pastel, dikarenakan warna pastel adalah warna soft dengan warna yang pen